10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Diurutkan Berdasarkan Ketinggiannya

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Diurutkan Berdasarkan Ketinggiannya – Gunung tertinggi di Indonesia adalah Carstensz Pyramid, Puncak Jaya, yang juga merupakan titik tertinggi di Gunung Jayawijaya dengan ketinggian 4884 meter (16.024 kaki).

Indonesia adalah negara yang terkurung daratan dengan banyak gunung. Puncak Jaya, di sisi lain, adalah satu-satunya puncak di negara tropis seperti Indonesia yang memiliki salju dan gletser di berbagai lerengnya, yang tentu membuatnya sangat unik.

Di Taman Nasional Lorentz Provinsi Papua, Puncak Jaya adalah daerah pegunungan yang menawarkan petualangan yang menantang dan bermanfaat bagi pendaki gunung. Mendaki gunung membutuhkan keterampilan teknis tingkat lanjut, dan sangat disarankan agar Anda menyewa pemandu untuk membantu Anda mempersiapkan pendakian.

Pegunungan megah di Indonesia, yang menjulang megah di atas kita, sungguh menakjubkan untuk dilihat, ditaklukkan dan tentu saja dinikmati.

Pantai Klayar Pacitan: Keindahan Pantai Tersembunyi

Pantai Klayar Pacitan: Keindahan Pantai Tersembunyi

Pantai Klayar Pacitan: Keindahan Pantai Tersembunyi – Pantai Klayar terletak di Kecamatan ... Selengkapnya

Dari puncak gunung berapi kita yang membara hingga puncak terjal di Papua, inilah 10 gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan Anda mungkin belum pernah mendengarnya sebelumnya!

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Diurutkan Berdasarkan Ketinggiannya

10. Gunung Slamet

Stratovolcano megah yang dapat ditemukan di Jawa Tengah ini menjulang hingga ketinggian 3.428 meter. Gunung ini masih aktif sampai sekarang, dengan letusan terakhir terjadi pada bulan September 2014. Gunung ini memiliki empat kawah di puncak gunung!

9. Gunung Rantekambola

 

Gunung Rantekambola

Meskipun mungkin Anda belum pernah mendengarnya, gunung ini adalah puncak tertinggi kedua di Sulawesi dan tertinggi kedua di Indonesia. Tingginya adalah 3.455 meter, dan itu adalah keajaiban alam sejati.

8. Gunung Rantemario

Rantemario adalah sebuah gunung di jajaran pegunungan Latimojong Sulawesi Selatan yang berdiri di ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut. Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi di pulau Sulawesi, dan dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun.

7. Gunung Sanggar

Permata tersembunyi di Nusa Tenggara Barat ini berada 3.492 meter di atas permukaan laut dan relatif tidak dikenal. Karena popularitas gunung tetangganya, Rinjani dan Tambora, tidak sering dikunjungi oleh para trekker… Meskipun demikian, mungkin Anda harus mencobanya?

6. Gunung Semeru

Gunung ini, yang juga dikenal sebagai Mahameru, dianggap oleh umat Hindu sebagai tempat tinggal surgawi mereka. Ini adalah gunung berapi tertinggi di Jawa, terletak di bagian timur pulau dan mencapai ketinggian 3.676 meter. Apakah Anda dapat mendakinya dan mencapai puncak?

5. Gunung Rinjani

Banyak pejalan kaki menganggap ini sebagai tantangan yang menantang. Gunung berapi megah di pulau Lombok ini menjulang setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan danau kaldera dalam yang menakjubkan yang dikenal sebagai Segara Anak, atau Anak Laut (Anak Laut).

4. Gunung Kerinci

Gunung berapi ini, yang terletak di provinsi Sumatra, Indonesia, adalah titik tertinggi negara ini. Ini adalah 3.805 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan panorama Taman Nasional Kerinici Seblat yang menakjubkan, yang merupakan rumah bagi Harimau dan Badak Sumatera yang terancam punah.

3. Puncak Trikora

Terakhir, tiga destinasi teratas kami, yang semuanya terletak di dataran tinggi terjal di wilayah Papua Indonesia. Puncak Trikora, sebelumnya dikenal sebagai Gunung. Wilhelmina, adalah puncak tertinggi ketiga di dunia, dengan ketinggian 4.750 m!

2. Puncak Mandala

Raksasa ini tingginya 4.760m – ini adalah gunung berdiri bebas tertinggi kedua di negara ini. Mandala dulu memiliki gletser di puncak gunungnya, tetapi gletser itu telah lenyap. Meskipun demikian, ini terus menjadi bagian geografi yang menakjubkan.

1. Gunung Carstenz

Gunung Carstensz di Irian Jaya, Indonesia, adalah gunung tertinggi di negara ini dan, pada kenyataannya, di seluruh Oseania, berdiri di 4.884 meter di atas permukaan laut. Puncak Jaya adalah titik tertinggi di gunung. Ini adalah tantangan utama bagi pendaki atau trekker pecandu adrenalin, dengan puncak yang tertutup salju dan pegunungan yang mematikan.


Penutup

Di Indonesia, tidak ada tempat yang lebih baik untuk mendaki gunung berapi jika Anda selalu ingin melakukannya.

Karena lokasi geografis negara itu pada pertemuan tiga lempeng tektonik—lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik—itu adalah rumah bagi sejumlah besar gunung berapi, yang merupakan hasil dari lokasi geografis negara itu pada pertemuan tiga lempeng tektonik.

Diperkirakan ada sekitar 150 yang aktif, di samping sejumlah besar yang punah. Gunung berapi aktif termasuk Tambora dan Krakatau, keduanya terkenal karena letusan bencana mereka di abad kesembilan belas.

Itu, di sisi lain, seharusnya tidak membuat Anda takut. Erupsi, meskipun kadang-kadang terjadi, masih dianggap sangat jarang. Paling-paling, Anda akan melihat gumpalan asap membubung ke udara dan mencium bau belerang.

Tari Kecak: Sejarah dan Makna Tarian Dari Bali

Tari Kecak: Sejarah dan Makna Tarian Dari Bali

Tari Kecak: Sejarah dan Makna Tarian Dari Bali – Sore hari selalu menjadi waktu yang tepat ... Selengkapnya

Gunung berapi di Indonesia, baik yang aktif maupun yang tidak aktif, memohon untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, dan inilah yang harus dilakukan para pendaki Indonesia.

Karena itu, ada sejumlah besar jalur pendakian yang sangat baik yang membentang di atas dan di bawah sisi banyak gunung. Seharusnya tidak mengherankan bahwa Indonesia adalah tujuan populer bagi pejalan kaki dan pemanjat tebing dari semua tingkat keahlian.